Selasa, 11 Mei 2010

ITS Selenggarakan Pelatihan IT untuk Guru Maarif NU
nu.or.id
Jakarta, NU Online
Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) ITS akan menyelenggarakan training penguasaan kompetensi IT bagi para kepala sekolah dan guru yang berada dibawah naungan Maarif NU.

Plt Dekan FTIT Dr Agus Zainal Arifin menjelaskan, pelatihan ini untuk memenuhi permintaan dari para pengurus Maarif NU Surabaya, musyawarah kerja kepala madrasah, dan beberapa pesantren yang merasakan kebutuhan pemahaman IT sangat mendesak.

Training ini diadakan dalam 3 gelombang, yakni 8, 15, dan 22 Mei 2010 bertempat di Lab Pemrograman Teknik Informatika, Kampus ITS Surabaya.

Dijelaskannya, materi yang diberikan berupa kompetensi komunikasi (email, milis, teleconference dengan yahoo, dll), kompetensi pengelolaan sekolah (teknik penjadwalan kelas dengan sofware time tables, pembuatan soal ujian yang menyenangkan dengan teka-teki silang menggunakan software cross word, dll). Dan tak kalah penting kompetensi mencari informasi di search engine google atau yahoo.

“Pengguna internet biasanya merasa putus asa dengan lamanya mencari informasi akibat terlalu banyaknya hasil pencarian di mesin pencari itu. Padahal bila teknik pencariannya tepat, maka informasi atau file yang dicarinya akan lekas dapat ditemukan,” katanya.

Jika mereka bisa memanfaatkan internet dengan maksimal, akan sangat memudahkan dalam proses belajar mengajar di kelas seperti dapat mencari file presentasi atau animasi untuk mendukung proses pembelajarannya.

Dalam hal sertifikat, Dekan FTIF akan menerbitkannya hanya bagi yang dinilai benar-benar serius.

“Hal ini disebabkan seringkali peserta datang bukan untuk mendapatkan kompetensi tertentu, melainkan semata-mata untuk mencari sertifikat yang diperlukannya untuk sertifikasi guru,” imbuhnya. (mkf)
« Kembali ke arsip Warta | Print| Share
Berita Terkait:
selengkapnya....

Tidak ada komentar: